Identifikasi Program Kasir

Dalam kehidupan sehari-hari tidak luput dari jual beli suatu barang. Dengan perkembangan teknologi memudahkan untuk melakukan sesuatu pekerjaan contohnya program kasir . Dahulu ketika ada pasokan barang disimpan dengan tulisan tangan (manual) dan akhirnya sulit untuk mengecek barang masih ada atau stok sudah habis . Dengan begitu perusahaan membuat program aplikasi kasir untuk usaha tersebut.

Program kasir untuk memudahkan pemilik usaha dalam mengolah data barang, pelanggan, penjualan, pembelian dan mengontrol keuangan perusahaan melalui laporan-laporan usaha yang dihasilkan dari sistem tersebut.

Pembuatan program aplikasi pada umumnya menggunakan bahasa pemrograman aplikasi dekstop misalnya delphi, visual basic, C++ ,java, dan sebagainya. Sebelum pembuatan program kasir maka developer membuat algoritma atau skema dari dari program tersebut. Alur program yang sudah dibuat tinggal mengkoding program kasir, biasanya pembuatannya yang pertama yaitu database. Database yang dibuat harus sesuai dengan usaha pemilik agar didalam record datanya tidak salah.

Pembuatan database bisa menggunakan Ms. Offiec Access, Mysql, Oracle yang nantinya akan diakses atau dihubungkan dengan program. Database yang akan digunakan sudah terhubung dengan beberapa data lainnya . Jika sistem penjualan online maka program harus terkoneksi ke internet sebelum terhubung yang diakses.

Analisis Sistem

Analisis sistem dapat didefinisikan sebagai penguraiana dari suatu sistem

informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikan.

Analisis Kelemahan Sistem

Metode analisa yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kelemahan dari sistem yang berlaku saat ini menggunakan metode pieces (Performance, Infornation, Economy, Control, Efficiency, Service).

Analisis Kebutuhan Sistem

Sejalan dengan perancangan sistem yang akan dibuat, maka dalam pembangunan sistem ini dibutuhkan perangkat pendukung.

Kebutuhan Fungsional :

a.Sistem dapat menangani input, edit dan delete data pengguna, pelanggan,

barang, dan laporan supplier.

b.Sistem dapat menampilkan data barang yang tersedia

c.Sistem dapat Menghasilkan laporan pengguna, pelanggan, barang, dan laporan supplier.

d.Sistem dapat menjalankan transaksi penjualan dan pembelian

e.Sistem dapat menghasilkan laporan penjualan per-Nota, Periode, tanggal dan

seluruh penjualan

f.Sistem dapat menghasilkan laporan pembelian per-Nota, Periode dan seluruh

pembelian

Kebutuhan Non-Fungsional

a. Perangkat lunak

1.Microsoft Windows 10 Pro x64

2.Sql Server 2008

3.Visual Studio 2010

b. Kebutuhan brainware

1.Admin

2.User kasir

Pengetesan sistem

Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan program dalam melakukan proses input data, proses pengolahan data dan output dari data yang dihasilkan, disamping itu pengetesan program dilakukan untuk mengetahui lebih jauh masih adakah kesalahan-kesalahan dan kekurangan dari program yang terjadi dan yang mungkin terjadi.

White box testing

Uji coba white box adalah test case yang menggunakan struktur control desain procedural untuk memperoleh test case. Pengujian white box perangkat lunak didasarkan pada pengamatan yang teliti terhadap detail procedural, jalur-jalur logika yang melewati perangkat lunak diuji dengan memberikan test case yang menguji serangkaian kondisi dan loop tertentu.

Black box testing

Merupakan tahap pengujian yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak. Test case ini bertujuan untuk menunjukkan fungsi perangkat lunak tentang cara operasinya. Apakah pemasukkan data telah berjalan sesuai dengan yang telah diharapkan. Dengan demikian, pengujian black box memungkinkan perekayasa perangkat lunak mendapatkan serangkaian kondisiinput yang sepenuhnya menggunakan persyratan fungsional untuk suatu program.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s